Kekuatan Branding Melalui T-Shirt Promosi
Jika Anda tidak punya kaos promosi, kemeja, topi atau jaket dengan logo merek Anda, Anda kehilangan kesempatan pemasaran yang kuat dan terjangkau.
Dalam hal pemasaran, banyak pengusaha hanya berfokus pada saluran pemasaran reguler seperti iklan di televisi, internet, iklan majalah dan sebagainya dan berharap produknya laris dibeli. Hal ini biasanya berakhir pada pengeluaran biaya yang mahal, sering juga tidak efektif.
Sementara jenis usaha pemasaran tersebut. kadang-kadang para pengusaha yang teliti akan tahu bahwa solusi terbesar adalah tidak selalu yang terbaik. Di lingkungan media iklan yang sedang lesu saat ini, kadang-kadang sederhana, upaya pemasaran yang lebih langsung menghasilkan hasil terbaik.
Berikut ini adalah latihan sederhana untuk menggambarkan apa yang saya maksud. Jika anda berada di mal, luangkan waktu untuk melihat-lihat apa yang dikenakan para pengunjung mall. Hitung berapa banyak kaos anda lihat dengan merek seperti Nike, Adidas, GAP dan artis populer di TV serta film. Nah.. anda baru saja menerima pesan pemasaran berkali-kali bukan ?
Selepas jam kantor, anda dan para karyawan sudah mendapat memakai pakaian bebas, jadi mengapa tidak menempatkan mereka untuk memasarkan produk atau jasa anda?. Ini adalah keuntungan yang dapat diperoleh dengan mudah bagi perusahaan anda.
Kaos Promosi sebagai Iklan Berjalan
Pada satu konferensi yang memiliki kira-kira dua ribu peserta, misal empat orang karyawan masing-masing mengenakan T-Shirt atau baju polo dengan logo perusahaan di bagian belakang. Akan banyak orang mengira ada setidaknya dua puluh karyawan anda berjalan di sekitar mereka, karena mereka melihat menjadi sering melihat logo perusahaan anda di tengah kerumunan pemakai setelan jas dan kemeja.
Di South by Southwest, sebuah usah startups bahkan telah dikenal untuk membayar orang agar memakai mereka T-shirt dan berjalan di sekitar lokasi tertentu, hal ini langsung membangun kekuatan merk perusahaan client mereka di lokasi tersebut.
Penyelenggara lomba lari untuk penggalangan dana membagikan T-shirt bermerek pada acara amal tersebut dan disponsori oleh perusahaan tertentu. Para peserta lari dengan bangga mengenakan t-shirt promosi yang didapat secara gratis. Ini merupakan salah satu contoh "papan iklan berjalan" untuk anda.
Mengapa perusahaan melakukan ini? Sederhana. Karena lebih murah, efektif dan membentuk penggemar setia dan karyawan yang menjadi duta brand dimana pun mereka berada. Ini adalah investasi kecil untuk potensi bisnis yang lebih cerah.
Buatlah T-Shirt Promosi yang Menarik dan Keratif
Ketika orang berpikir tentang T-Shirt promosi, mereka kadang-kadang berpikir mengenai T-Shirt dengan logo perusahaan yang sangat umum dan membosankan. Tidak harus begitu sebetulnya, anda bisa berkreasi dengan membuat kaos promosi yang unik dan berkualitas.
Semisal, dengan memberikan kata-kata motivasi, lucu, dan menarik, selain ada logo perusahaan anda. Sifat alami dari T-shirt adalah kesederhanaan yang elegan. Banyak orang-orang yang sukses di dunia sangat hobby memakai T-Shirt.
Promosi Sekali, Bertahan Lama
Dengan membuat t-shirt promosi, baik dipakai oleh anda dan karyawan, atau untuk anda bagikan kepada pelanggan dan para peserta lomba lari, anda hanya sekali berpromosi, namun selama t-shirt anda masih dipakai maka promosi itu berjalan terus.
Anda dapat melihat saat Go-Jek sedang booming, dimana-mana terlihat GO JEK. Dan walaupun kini ada GrabBike dan ojek online lainnya, tetap ketika ingat ojek maka GOJEK lah yang terlintas di pikiran.
Anda dapat melakukan hal yang sama, dengan biaya lebih murah. Jaket dan kaos harganya lebih murah kaos, sangat jauh. Namun jika memberikan kaos promosi dengan bahan yang kurang berkualitas dan hasil sablonan yang payah maka jangan harap usaha branding anda dapat berhasil. Carilah tempat sablon kaos promosi yang berkualitas dan jangan hanya berfokus pada harga termurah. Dalam hal branding, kualitas t-shirt secara keselurhan sangat penting.
Ide branding dengan t-shirt promosi sebetulnya sederhana, karena dalam dunia marketing.. semua kesempatan adalah peluang pemasaran. Semakin sering brand produk anda dilihat banyak orang, semakin kuat posisi branding anda.
Komentar
Posting Komentar